Cara Setup Google DFP Untuk Menjual Space Iklan

SEO Blog ~  DoubleClick for Publishers (DFP), sebelumnya disebut Google Dart adalah software layanan aplikasi iklan yang dijalankan oleh Google. Layanan ini menyediakan berbagai fitur berguna sebagai host server untuk mengelola proses penjualan iklan online. Dalam artikel SEO ini saya ingin berbagi tips sederhana bagaimana mudahnya cara setup Google DFP untuk menjual space iklan.
Cara Setup Google DFP Untuk Menjual Space Iklan
Di Google DFP publsher iklan tidak harus menjual semua persediaan inventaris iklan yang dimiliki, melainkan dapat memilih untuk menjalankan iklan tertentu baik dari jaringan iklan lain atau iklan dari AdSense sebagai persediaan cadangan.

Katakanlah Anda menggunakan jaringan periklanan seperti Google Adsense untuk menayangkan iklan di blog Anda, namun dalam waktu bersamaan Anda juga ingin menerima tawaran iklan dari berbagai merek atau brand, lembaga media digital dan pengiklan langsung lainnya.

Dalam kasus lain Anda telah bermitra dengan beberapa jaringan iklan berbasis BPS - katakanlah Adsense, BuySellAds, TribalFusion, dll tetapi hanya ingin menjalankan iklan dari jaringan yang membayar dengan bayaran maksimum.

Demikian juga jika Anda ingin menampilkan iklan berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya, pengunjung dari AS akan ditampilkan satu set iklan sementara pengunjung yang berada di Indonesia dan menggunakan Windows ditargetkan dengan set iklan yang berbeda.

Atau Anda menggunakan Adsense dalam blog Anda dengan BPS bervariasi yang menayangkan iklan dengan bayaran sangat kecil katakanlah dengan BPS kurang dari $1.

Google DFP, atau DoubleClick for Publishers, dapat digunakan sebagai solusi untuk skenario di atas. DFP adalah server iklan gratis dari Google yang memungkinkan Anda menjual ruang iklan di website Anda dengan lebih efektif dan juga membantu memaksimalkan pendapatan dari iklan.

Dengan DFP Anda dapat menjalankan banner iklan standar, iklan text (berbasis javascript), bahkan iklan yang kaya akan media seperti gambar, video ataupun iklan animasi flash. Tool tersebut disebut dengan Google Ad Manager, tidak memerlukan download ataupun instalasi dan setiap publisher web dapat mendaftar di program DFP asalkan memiliki akun Adsense aktif.

Menjual Space Untuk Iklan Melalui DFP

Katakanlah Anda memiliki blog dengan berbagai topik, misalnya Artikel SEO, Teknologi, Olahraga dan Hiburan. Seorang Pengiklan (Advertiser) ingin memasang banner iklan pada semua halaman artikel Teknologi terkait. Dalam bagian perjanjian Pengiklan setuju membayar Rp10000 CPM untuk semua tayangan dari Indonesia dan Anda dapat membuat cadangan iklan melalui Google Adsense.

Lihat juga Ukuran Iklan Adsense Pengeruk Dollar

Berikut ini kita akan lihat bagaimana mudahnya mengatur sebuah kampanye iklan melalui Google DFP.

1. Membuat Unit Iklan

Sebelumnya kita perlu membuat unit-unit iklan untuk memberitahu DFP semua space iklan tersedia pada situs kita. Sebagai contoh kita akan buat 3 unit iklan banner berukuran 468 x 60, skycraper 160 x 600, dan medium rectangle 300 x 250. Unit-unit iklan tersebut merupakan standard IAB ( Interactive Advertising Bureau), pun demikian Anda masih bisa menentukan sendiri ukuran iklan sesuai yang diinginkan.

Buka DFP > Inventory > Ad Units > New Ad Unit (pilih Web atau Mobile). Beri nama yang deskriptif untuk unit iklan, hal ini penting untuk memudahkan Anda mendeterminasi ukuran unit iklan dan juga di mana lokasi unit iklan akan ditampilkan. Anda juga dapat memeriksa opsi "Maximize revenue of unsold and remnant inventory with AdSense" dalam kasus apa bila Anda ingin menampilkan unit Google Ads ketika di mana tidak ketersediaan iklan langsung (direct ads) atau ketika Google menawarkan CPM lebih baik dari pengiklan langsung.
Membuat unit iklan di Google DFP
Membuat unit iklan di Google DFP

Note: Jika target window dalam pengaturan unit iklan Anda set "_blank" maka iklan akan tampil dalam Windows baru ketika diklik.

Google tidak memperbolehkan Anda membuka iklan Adsense di windows baru, namun jika menggunakan DFP iklan Adsense dapat diatur agar muncul di windows baru ketika diklik tanpa dianggap melanggar kebijakan Program Adsense.

2. Menentukan Penempatan Iklan

Anda memiliki beberapa unit iklan di website dan ada kemungkinan pengiklan ingin menargetkan satu atau lebih unit-unit iklan ini. Sebagai contoh, seorang pengiklan mungkin ingin menargetkan unit iklan Medium Rectangle dan Skycraper pada halaman terkait dengan Kesehatan pada website. Anda dapat mengelompokkan unit-unit iklan ke dalam penempatan yang dapat ditargetkan oleh pengiklan.

Lihat juga Cara Pasang Iklan Di Blog Agar Loading Bertambah Cepat Hingga 80 Persen

Buka tab Inventory  –> Placements –> New Placement dan tambahkan penempatan iklan Anda (Placements). Untuk memudahkan saya akan contohkan hanya satu unit iklan (300 x 250) dengan penempatan (placement) yang telah kita buat. Cek opsi “Offer this placement to advertisers”  melalui Adwords untuk menarik lebih banyak pengiklan. Anda harus berhati-hati mengisi seksi penargetan Adsense untuk penempatan (placements) iklan, karena apa saja yang Anda tulis di sini akan terlihat oleh pengiklan Adwords.
Menentukan penempatan iklan di Google DFP
Menentukan penempatan iklan di Google DFP

3. Membuat Order Iklan

Kita telah menentukan penempatan iklan di website atau blog, kini kita akan pelajari bagaimana cara membuat order di Google DFP (kampanye) untuk pengiklan (advertiser). Pengiklan akan menentukan tempat di mana dia akan memasang iklan. demografi apa yang ingin ditarget, berapa harga yang harus ia bayar dan berapa lama iklan akan dtampilkan di website tersebut.

Lihat juga Bug: Belum Full Approved Publisher Adsense Baru Sudah Dapat Menampilkan Iklan

Buka DFP > Delivery > My Orders > New Order. Buat sebuah perusahaan untuk pengiklan lalu isi detail order di bawah "New Line Item". Atur Type menjadi "Price Priority jika ingin "Iklan dengan pembayaran tinggi" ditayangkan di website atau blog Anda. Atur nilai CPM sama dengan harga (price) tersebut yang akan dibayar oleh pengiklan dan kemudian tambahkan kriteria penargetan.
Membuat Order Iklan
Setting New Order

4. Upload Ad Creative

Berikutnya Anda harus meng-upload Ad Creative yang akan ditampilkan di halaman web Anda. Anda juga dapat meng-upload gambar, video flash atau bahkan snippet script HTML dan javascript dalam bentuk iklan teks.

Buka DFP > My Orders > pilih Line Item yang sudah Anda buat sebelumnya lalu klik Add Creatives kemudian Upload Images / Flash SWF dan lain-lain.
Upload Ad Creatives di Google DFP
Upload Ad Creatives di Google DFP
Anda juga dapat meng-upload multiple creative ads per line item yang akan ditampilkan secara bergantian dan merata pada semua halaman web.

Upload Ad Creatives di Google DFP
Upload Images di Add Creative

Anda dapat membandingkan tarif klik melalui materi ini untuk mendeterminasi salinan iklan dengan performa terbaik untuk pengunjung Anda.

5. Mendapatkan Tag Iklan Untuk Web Anda

Kita akan menyalin kode javascript dari Google DFP lalu menkopi paste ke dalam situs atau blog Anda.

Klik tab Inventory pada dashboard DFP Anda kemudian pilih "Generate Tags" > pilih unit iklan tersedia  yaitu iklan yang Anda buat pada langkah pertama, lalu pilih Generate Tags Gunakan opsi Google Publisher Tags (asyncrhronous) dari menu drop down dan tambahkan kode ini ke dalam web Anda. Google DFP akan menayangkan iklan di halaman web Anda dalam 15 - 10 menit kemudian.

Jangan lupa lihat juga:
Google DFP VS Adsense

Daftar Blog Dofollow PageRank Tinggi

SEO Blog ~ Dalam artikel ini saya berbagi cara membangun backlink (backlink builder) menggunakan beberapa blog dan website PageRank tinggi yang saya rangkum dalam daftar blog do follow pagerank tinggi. Daftar blog do follow ini dapat membantu meningkatkan rank situs Anda dengan keyword (kata kunci) dipilih. Di sini Anda juga dapat belajar bagaimana cara menggunakan daftar blog dofollow.

Baca juga cara Google melihat backlink situs

Berikut cara menggunakan blog dofollow PageRank tinggi untuk meningkatkan hasil pencarian blog Anda di halaman hasil pencarian.

  1. Daftar blog do follow berikut wajib memiliki konten berkualitas tinggi (high quality konten). Jadi dengan memberikan referensi ke beberapa situs ini dengan kata-kunci relevan, akan membuat Google mempertimbangkan situs Anda sebagai blog berkualitas sehingga dapat meningkatkan rank situs Anda ke posisi 6 atau 7.
  2. Anda harus mereferensi daftar blog berikut menggunakan rel='dofollow' agar Google memahami bahwa Anda memberikan referensi dan follow URL tersebut.
  3. Kemudian anlisa blog Anda sendiri (berdasarkan kata kunci relevan) lalu letakkan backlink di situs yang Anda referensikan tersebut

Blog Dofollow PR 7

http://weblogtoolscollection.com

Blog Dofollow PR 6

http://www.grokdotcom.com
http://www.1stwebdesigner.com
http://www.socialmedia.biz

Blog Dofollow PR 5

http://businessfinancemag.com
http://www.seobythesea.com
http://subwayblogger.com
http://ineeddiscipline.com
http://www.dumblittleman.com
http://thesocialopac.net
http://20smoney.com

Blog Dofollow PR 4

http://kikolani.com
http://www.smartbloggerz.com
http://bloggingwithoutablog.com
http://basicblogtips.com
http://www.growmap.com
http://www.wchingya.com
http://weblogbetter.com
http://taurenidus.blogspot.com
http://wordpress-websitebuilder.com
http://dmiracle.com
http://zacjohnson.com
http://www.netchunks.com
http://www.doitwithwp.com

Blog Dofollow PR 3

http://www.techtricksworld.com
http://www.esoftload.info
http://emoneymarketing.com
http://softwarebuzzer.com
http://www.blueverse.com
http://www.thespinningdonut.com
http://blog.waxmarketing.com
http://myblog2day.com
http://techpatio.com
http://www.techatlast.com
http://findmyblogway.com
http://www.seommotips.com
http://www.lawmacs.com
http://hotblogtips.com
http://www.wonderoftech.com

Anda harus memahami dengan baik bagaimana cara memanfaatkan sebuah backlink dari blog dofollow PageRank tinggi tersebut agar blog Anda memperoleh banyak klik dan banyak pengunjung serta trafic.

Baca juga Belajar SEO Untuk Blog



Cara Mengatasi Error datePublished Missing and Required

Error datePublished
SEO Blog ~ Dalam artikel ini Anda akan menemukan bagaimana cara mengatasi error Date Published Missing and Required yang sering terdapat pada template blogspot. Error semacam ini terdapat pada hampir sebagian besar template blogger. Namun kesalahan ini tidak akan terdeteksi begitu saja karena tidak terlihat di tampilan antar muka blog Anda.

Namun jika Anda memeriksa template blogger Anda melalui Google Structured Data Testing tools maka Anda akan melihat pesan kesalahan ini. Silakan cek template blogger Anda dengan mengunjungi link berikut ini:

Google Structured Data Testing Tools

Masalah mungkin ada pada Rich Snipet artikel Anda. Karena mesin pencari tidak dapat menampilkan Rich Snipet artikel tersebut di halaman hasil pencarian karena error datePublished.  Ini bukan kesalahan besar tetapi critical error untuk halaman hasil pencarian. Disebabkan oleh  Robot mesin pencari tidak dapat memahami kapan artikel Anda diupdate.

Sebagaimana diketahui bahwa mesin pencari sangat suka artikel terbaru dari blog Anda. Begitu sebuah artikel dipublikasikan mesin pencari akan melakukan indeks sesegera mungkin.

Untuk Error datePublished mesin pencari tidak dapat mendeteksi tanggal publikasi artikel Anda, efeknya ronot mesin pencari membutuhkan waktu yang lama untuk mengindeks artikel Anda.

Inilah sebabnya mengapa sebuah artikel tidak mendapat posisi atas pada rangking halaman hasil pencarian. Jadi sedapat mungkin error ini harus segera diperbaiki.

Cara Mengatasi Error Date Published Missing and Required

1. Buka http://blogger.com dan login dengan akun Anda

2. Dari Dashboard Blogger klik Template > Edit HTML

3. Cari script berikut dalam template blogspot Anda
<span class='post-timestamp'>
<b:if cond='data:top.showTimestamp'>
<data:top.timestampLabel/>
<b:if cond='data:post.url'>
<meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/>
<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>
</b:if>
</b:if>
</span>
Note:
Mungkin kode diatas tidak sama persis dengan yang ada dalam template blogspot Anda. Tapi carilah kode yang mirim dengan script di atas.

4. Langkah terakhir ganti kode di atas dengan kode berikut ini
<span class='post-timestamp'>
<span class='post-timestamp'>
<b:if cond='data:top.showTimestamp'>
<b:if cond='data:post.url'>
<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>
</b:if>
</b:if>
</span>
</span>

5. Klik Save template untuk menyimpan template Anda.
Error datePublished

Dengan demikian saya berharap Anda berhasil mengatasi error datePublished Missing and Required pada blog Anda. Untuk memastikan periksa kembali dengan Google Structured Data testing tools dan setelah masalah ini teratasi kini blog Anda bebas dari Error datePublished Missing and Required dan semoga memperoleh hasil yang baik untuk visibilitas di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Jangan lupa lihat juga:
Mengatasi Error Publisher Missing and Required Di Blogspot

Belajar SEO Untuk Blog

SEO Blog ~ Belajar SEO untuk blog itu lebih sederhana ketimbang kelihatannya. Dalam tutorial SEO sederhana ini saya akan menjelaskan tentang SEO Blog untuk pemula dengan sesederhana mungkin, agar siapa saja dapat dengan mudah memahami dan memulainya dengan cara yang benar.

SEO Untuk Blog ~ SEO Blog

Mitos Tentang SEO

Jujur saja ketika memulai sebuah blog beberapa tahun lalu saya tidak begitu mengerti tentang SEO dan teorinya, atau bagaimana cara memulai SEO untuk blog, mengoptimalkan bahkan membawa blog ke tingkat selanjutnya. Yang saya pahami saat itu adalah bagaimana menulis blog, berbagi ilmu, membantu sebagian orang dengan proyek dan bisnis mereka, dan belajar sambil blogging.

Hingga suatu hari saya merasa harus memulai melakukan riset/belajar SEO untuk blogger, dimulai dengan mencari-cari informasi tentang SEO melalui Google. Dalam perjalanannya saya menemukan ribuan informasi disajikan di halaman hasil pencarian Google merujuk kepada beberapa situs yang mengulas topik ini, data dan struktur kompleks dan memusingkan.

Meskipun faktanya SEO untuk blog tidak benar-benar rumit, namun karena ditulis dengan cara begitu kompleks jadinya terasa rumit. Dari situ saya memperoleh kesan pertama kurang menyenangkan tentang SEO. Banyak para ahli menulis seakan-akan kita sudah sangat paham tentang topik tersebut, seolah-olah seorang ahli blogging/HTML atau Anda adalah seorang master untuk memproses data-data berukuran besar, dimana sebenarnya itu bukanlah bidang saya dan bahkan mungkin bukan urusan Anda yang sedang membaca artikel ini.
Ini tidak heran karena kebanyakan tutorial SEO di internet orientasi penulisannya ditujukan kepada situs-situs berskala besar, sangat cocok untuk belajar SEO expert dan jarang sekali pembahasannya dikhususkan untuk Blog.
Setelah melewati beberapa fase dan gunung informasi saya merasa mulai sedikit belajar dan berniat suatu saat akan menulis panduan dasar SEO Blog sederhana secara khusus dengan cara paling ramah dan ideal untuk orang-orang seperti saya yang hanya paham sedikit tentang SEO yang masih bertanya-tanya, apa itu SEO, bagaimana cara menerapkan SEO untuk blog, Yang mana semua pertanyaan-pertanyaan tersebut akan saya ulas dalam tutorial SEO Blog sederhana ini bagi Anda yang ingin belajar SEO gratis :).

Apa itu SEO ?

SEO (Search Engine Optimization) adalah Optimasi Mesin Pencari.
Harus saya akui, beberapa tahun lalu ketika pertama kali mendengar kata itu, saya tidak begitu yakin apa yang sedang dibicarakan, apakah tentang seorang CEO dari sebuah perusahaan, atau apa... Saya benar-benar tidak paham apa itu SEO.

Bagaimana Cara Kerja SEO ?

Ketika membutuhkan suatu informasi di internet biasanya Anda akan membuka Google atau Bing lalu mengetikkan satu atau beberapa kata di kolom pencarian.
Nah SEO bekerja agar Google atau mesin pencari lainnya dapat menyajikan hasil pencarian untuk Anda yang sebenarnya bermanfaat dan relevan dengan kata atau kalimat yang Anda ketikkan di kolom pencarian tersebut.

Bagaimana Google mengumpulkan jutaan informasi seperti itu lalu menyajikannya untuk Anda, jawabannya adalah mereka menggunakan sesuatu, orang menyebutnya Spider.

Spider adalah program yang ditanam dalam mesin pencari seperti Google, tugas spider mencari informasi, melakukan investigasi dan menganalisa setiap halaman web kemudian memilih informasi paling berkualitas dan relevan dengan pencarian yang sedang dilakukan saat ini.

Algoritma mesin pencari mempertimbangkan relevansi dan popularitas konten (antar puluhan variabel lainnya). Kemudian, berdasarkan faktor-faktor tersebut mereka menilai dan memberi peringkat setiap halaman dan menyajikan hasilnya dalam bentuk sebuah daftar, posisi pertama di halaman hasil pencarian menjadi paling populer lebih tepatnya peringkat satu atau yang terbaik.

Pengguna percaya akan kecerdasan mesin pencari, mereka yakin pada hasil yang disajikan dan merasa beruntung jika mengklik link pada posisi paling atas ketimbang link pada posisi paling bawah di halaman pertama hasil pencarian.

Berbeda halnya dengan kita, berada di sisi lain sebagai penulis, blogger atau manajer sebuah situs, ini merupakan suatu ketakutan besar berada di posisi buncit mesin pencari, dan merupakan suatu tantangan besar untuk di atasi.
Menyimpulkan bahwa menguasai SEO memungkinkan kita mengoptimalkan artikel dan benar-benar punya kesempatan memperoleh tempat pada posisi nomor 1 dalam daftar hasil pencarian bukan nomor 26.

Mengapa Harus Belajar SEO Untuk Blog ?

Blogpsot dari Goolge salah satu tool blogging paling populer saat ini. Kebanyakan blogger pemula menggunakan platform ini untuk memulai ngeblog. Oleh karena itu pembahasan dalam artikel ini sengaja saya khususkan untuk pengguna blogspot, jika Anda menggunakan blogspot untuk blogging, ini adalah tempat yang tepat belajar seo untuk blogspot, walau bisa juga diterapkan pada Wordpress dengan teknik berbeda.

Untuk Apa Belajar SEO Untuk Blog ? 

Dengan SEO Blog Anda punya peluang menduduki peringkat satu (nomor 1)  di halaman hasil pencarian mesin pencari Google.

Mengapa Peringkat Satu Begitu Penting?

Karena ada dua hal berikut ini:
  1. Anda punya kemampuan menulis sangat baik dan dengan asumsi konten sangat berharga untuk orang lain. Bahkan melalui blog Anda memiliki otoritas, popularitas bahkan lebih dari itu, membuat kerja keras dan waktu yang telah dicurahkan serta tekad Anda menulis tidak sia-sia karena memiliki manfaat untuk orang lain .
  2. Dengan menempati peringkat pertama di halaman hasil pencarian Anda memiliki banyak kesempatan meraih uang di internet, mungkin Anda beranggapan ini hanya mengada-ngada tapi ini benar, dengan menempati posisi pertama Anda memiliki banyak peluang orang mengklik link Anda, Ini berarti lebih banyak lalu lintas, lebih banyak calon klien, penjualan, pelanggan, iklan, sponsor, dan lain sebagainya.

STRUKTUR SEO: ON PAGE DAN OFF PAGE

  1. Apa itu Optimasi ON PAGE.
    Adalah segala sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kualitas artikel atau halaman blog agar mesin pencari seperti Google dapat menemukan dan menganalisa konten Anda atau dengan kata lain bagaimana cara agar mesin pencari seperti Google dapat meningkatkan posisi blog Anda lebih tinggi di halaman hasil pencarian terkait dengan topik atau kata kunci dalam artikel Anda.
  2. Apa itu Optimasi OFF PAGE.
    Semua faktor eksternal yang mempengaruhi popularitas konten di Internet, misalnya: popularitas di jaringan sosial seperti Facebook atau Twitter (berapa banyak artikel di-share / atau berapa jumlah orang memberi komentar), berapa jumlah situs lain yang memiliki link ke artikel Anda, dan sebagainya. Mesin pencari menjadikan informasi ini sebagai tolak ukur menilai relevansi dan kualitas sebuah konten kemudian memutuskan apakah konten tersebut layak untuk disajikan kepada pengguna atau tidak. Pembahasan lebih dalam tentang topik ini dapat Anda lihat artikel lain dalam blog ini Teknik SEO On Page dan Off Page

Apa yang harus dioptimasi dengan blog dan bagaimana caranya?

OPTIMASI SEO ON-PAGE

KATA KUNCI

Kata kunci atau keyword merupakan inti daripada Optimasi ON PAGE pada artikel Anda. Itulah sebabnya mengapa kata kunci sangat penting digunakan. Gunakan kata kunci dengan cerdik agar Spider menemukan blog Anda untuk dipersembahkan kepada dunia. Anda harus memahami dengan baik tentang cara membuat keyword yang benar jika ingin terlihat di halaman hasil pencarian. Meskipun memiliki blog dengan konten sangat baik, namun jika blog Anda tidak bisa ditemukan di internet, apa gunanya?

Lihat juga Cara Mudah Membangun Blog Niche

Tentang penggunaan kata kunci pada artikel saya ingin merujuk kepada panduan dari MOZ. MOZ merupakan salah satu perusahaan Konsultan SEO dunia paling berpengalaman tentang subjek ini. Dalam panduan dasar SEO mereka menyarankan checklist berikut untuk mengetahui di mana dan berapa kali idealnya kata kunci ditempatkan dalam sebuah artikel. Saya akan jelaskan secara terperinci satu persatu nantinya.

  • Minimal ada 1 kata kunci pada judul utama (H1)
  • Satu kata kunci dalam URL artikel
  • Minimal ada 1 atau 2 dalam heading
  • Minimal ada 3 buah kata kunci dalam artikel
  • Minimal ada 1 kata kunci cetak tebal (bold) dan 1 kata kunci cetak miring (italic)
  • Minimal ada 1 kata kunci dalam tag 'ALT' untuk gambar
  • Minimal 1 kata kunci dalam meta description.

BUAT JUDUL ARTIKEL DENGAN BENAR

Judul merupakan tempat pertama dianalisa oleh Spider mesin pencari. Melalui judul, pengguna maupun mesin pencari dapat mengenal topik tertentu dalam suatu halaman. Idealnya judul adalah kata kunci itu sendiri. Buat judul artikel unik dan akurat untuk tiap-tiap halaman dalam blog Anda. Dianjurkan judul tidak lebih dari 70 karakter termasuk didalamnya spasi dan menyertakan kata kunci didalamnya.

Jika konten terlihat di halaman hasil pencarian pengguna, judul biasanya ada di posisi baris pertama dimana kata judul dicetak tebal seperti terlihat berikut.

SEO Blog Untuk Pemula

Hal serupa juga berlaku untuk Twitter yang menyediakan space lebih kecil untuk setiap status yang muncul, jadi kita harus membuatnya sesingkat mungkin, agar judul terlihat secara keseluruhan.

Untuk halaman beranda, judul dapat diuraikan berdasarkan nama blog atau nama bisnis dan mencakup sebagian kecil informasi penting seperti alamat fisik bisnis atau fokus utama blog.

Cara buat judul halaman beranda blog | SEO Blog
Anda dapat membuat judul yang menjadi fokus utama blog Anda seperti terlihat di atas ditunjukkan dalam gambar berikut.

Cara membuat judul blog di Blogger | SEO Blog

TIPS:

  • Beri judul halaman sesingkat mungkin namun dapat menggambarkan konten Anda. Judul terlalu panjang tidak akan terlihat seluruhnya di halaman hasil pecarian karena Google menampilkan hanya sebagiannya saja.
  • Judul halaman harus unik agar mesin pencari dapat membedakan halaman tersebut dengan halaman lainnya dalam blog Anda
  • Pilih judul yang dapat menggambarkan topik konten halaman dengan efektif


BUAT URL HALAMAN DENGAN TEPAT

Penting diperhatikan agar pemberian URL halaman tidak terlalu panjang, atau Spider mesin pencari akan me-render halaman Anda sebagai spam. Oleh karena itu sebaiknya URL halaman dibuat singkat dan disertai kata kunci di dalamnya. Jika terlalu panjang ubah URL halaman dengan fitur tersedia, jika Anda menggunakan platform blogger, URL halaman dapat diedit seperti ditunjukkan dalam gambar berikut.

URL singkat lebih mudah diingat bagi mereka yang mungkin ingin membuat tautan ke halaman Anda.  Pengunjung mungkin kesulitan memahami URL halaman yang sangat panjang dan sedikit kata yang dapat dipahami.

URL terlalu panjang dapat membingungkan dan tidak bersahabat, sulit dipahami oleh pengunjung dan mesin pencari. URL terlalu panjang juga akan menyulitkan pengunjung untuk mengingat yang mungkin ingin mengutip tautan URL atau ingin membuat tautan ke URL tersebut.

Jika URL berisi kata kunci relevan, URL akan mewakili konten halaman dan dapat menyampaikan gambaran lengkap tentang isi halaman kepada pengguna dan mesin pencari ketimbang URL terlalu panjang.

Perlu dicatat URL halaman juga bagian yang muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari, letaknya ada di bawah judul dan diatas cuplikan halaman.

Seperti halnya judul kata-kata dalam URL nampak tebal jika muncul di halaman hasil pencarian pengguna. Dalam gambar di atas adalah contoh URL domain blog ini, berisi artikel Cara Kerja AMP Google yang muncul di halaman hasil pencarian pengguna. URL dengan kata-kata lebih menarik ketimbang kode-kode tertentu, angka-angka atau kombinasi huruf dan angka seperti http://domainanda.com/page0989_001.html.

Google bukannya tidak mampu merayapi semua jenis URL berikut strukturnya, meskipun URL tersebut cukup rumit sekalipun. Namun URL sederhana lebih disukai pengguna maupun mesin pencari. Tidak masalah jika URL Anda tidak mengikuti prosedur ini namun jika hal ini dilakukan dengan cara tidak benar akan berdampak pada hasil pencarian terhadap blog Anda.

TIPS:

  • Buat URL seperlunya, sederhana dan singkat hindari parameter tidak perlu seperti nomor ID sesi dan lain-lain
  • Gunakan nama URL secara unik dan spesifik mewakili informsi lengkap konten halaman, hindari penggunaan nama URL bersifat umum seperti page.html
  • Menyertakan kata kunci seperlunya misalnya mug-antik-terlangka.html hindari penggunaan kata kunci berlebihan seperti mug-antik-mug-antik-mug-antik-mug-kuno-mug-antik-piring-keramik-cina-antik.html
  • Gunakan huruf kecil dan hindari penggunaan nama URL aneh seperti kombinasi huruf dan angka, huruf kecil dan huruf besar

OPTIMALKAN TEKS HALAMAN (BODY TEXT) BLOG

Saya menganjurkan untuk memasukkan 3 buah kata kunci ke dalam artikel. Boleh saja menggunakannya lebih dari 3 buah kata kunci, asalkan tidak terlihat seperti dibuat-buat dan panjang artikel mendukung untuk itu. Kepadatan kata kunci yang tinggi dalam body text benar-benar akan berdampak negatif untuk Google. Strategi terbaik adalah konten, tergantung pada apa yang Anda tulis. Jika konten berkualitas, orisinil, punya gambar bagus, video dan link yang dapat memberi informasi ekstra kepada pengunjung Anda adalah cara optimasi blog paling efisien.

Konten berkualitas menjadikan blog populer dengan sendirinya. Membuat konten berkualitas, menarik dan bermanfaat bagi banyak orang akan lebih mempengaruhi ketimbang apa yang menjadi topik utama artikel ini. Saya sarankan untuk melihat bagaimana cara menulis artikel SEO yang baik dan benar.

Konten berkualitas memancing orang lain untuk berbagi artikel Anda. Dengannya Anda memiliki media yang membantu meningkatkan reputasi  blog baik dengan pengguna maupun dengan mesin pencari dan hal ini jarang terjadi tanpa adanya konten berkualitas.

Mesin pencari akan memilah-milah paragraf pertama untuk mengetahui topik halaman blog Anda. Oleh karena itu pastika kata kunci penting ada di paragraf pertama. Kemudian masukkan juga kata kunci penting tersebut dalam paragraf akhir.

Google menganggap paragraf terakhir seperti rangkuman dan penegasan terhadap apa yang ditulis pada judul utama halaman blog, meta tag, dan pada heading (judul atas).

Pertimbangkan tentang kata-kata yang mungkin digunakan pengguna untuk menelusuri sebagian konten Anda. Pengguna yang banyak tahu tentang topik tersebut mungkin menggunakan kata kunci yang berbeda dalam kueri penelusuran mereka dibanding seseorang yang baru melihat topik tersebut. Misalnya, penggemar mobil antik yang sudah lama mungkin menelusuri "mobil antik zaman belanda", sedangkan penggemar baru mungkin menggunakan kueri yang lebih umum seperti "mobil antik".

Halaman-halaman blog yang tidak spesifik, terlalu umum, dan tidak mengandung kata kunci di judul utama halaman, pada beberapa meta tag, sub judul ataupun dalam teks halaman akan membuat bingung mesin pencari dalam penempatan kategori yang tepat dalam indeks database-nya.

Untuk memudahkan Anda menentukan kata kunci dengan baik baca juga Cara Mengetahui Suatu Ide Blog Itu Niche Atau Tidak

Dengan memperhitungkan perbedaan dalam perilaku pencarian ini dan mengantisipasinya ketika menulis konten (menggunakan perpaduan yang bagus antara frasa kata kunci) dapat mengarahkan mesin pencari untuk mengarsir blog Anda dalam penempatan kategori yang sesuai dalam indeks database-nya.

Sebenarnya blog Anda tetap masuk ke dalam kategori indeksnya, namun tidak akan muncul dalam di halaman pertama, kedua bahkan halaman ketiga di halaman hasil pencarian.

TIPS:

  • Tulislah teks yang mudah dibaca
  • Tetap fokus dengan topiknya
  • Buat artikel yang spesifik unik dan segar
  • Buat artikel Anda untuk pengguna bukan untuk mesin pencari, hindari penggunaan kata kunci berlebihan sehingga artikel tampak aneh dan sulit untuk dipahami.

Penggunaan Meta Tag Description 

Tag pada Meta Description bukanlah faktor penyebab rangking naik di mesin pencari. Namu teks yang dimasukkan ke bagian ini akan ditampilkan di halaman hasil pencarian sebagai sebuah deskripsi singkat mewakili informasi tentang halaman blog Anda. Jadi pastikan untuk memasukkan keterangan singkat yang cukup attractive untuk menarik perhatian pengguna.

Gambar berikut menunjukkan bagaimana cara memasukkan meta tag description pada blogspot:
Cara buat meta tag description pada blogspot - SEO Blog

Optimalkan Pengunaan Gambar Dalam Blog

Gambar adalah aspek lain dari elemen blog yang dapat dioptimasi. Pemberian nama gambar harus relevan dengan topik atau kata kunci yang digunakan, dengan demikian gambar akan muncul di halaman hasil pencarian. Gambar juga merupakan sumber lain untuk membuat lalu lintas langsung ke blog Anda. Gunakan nama gambar yang bersahabat, seperti keramik-antik-dinasti-ming.png ketimbang kode acak seperti a8987dgyhX90d8.jpg.

Pertimbangkan juga penggunaan ukuran gambar yang pantas biasanya 72dpi, ukuran minimal 640 x 370px dengan besaran maksimal 90kb. Gambar dengan besaran file 100kb ke atas akan menambah beban loading blog sehingga menjadi lambat yang akan berpengaruh negatif pada Google.

Lihat Optimasi Blog Agar Fast Loading

Hapus link atau tautan pada gambar karena situs mesin pencari seperti Google tidak menyarankan untuk meletakkan banyak gambar dengan tautan dalam sebuah halaman blog. Dengan menghilangkan tautan pada gambar dapat meperkecil kemungkinan pencurian gambar dalam blog. Selain itu juga akan berdampak kurang baik pada page rank Anda di mesin pencari.

Selain penggunaan nama  gunakan juga teks alt singkat namun deskriptif. Mengisi teks alt akan membantu Google memahami selengkapnya tentang laman yang Anda tautkan. Hindari menulis teks alt terlalu panjang yang dapat dianggap spam. Pemberian teks alt gambar pada blogspot dapat dilihat berikut ini:

Kesimpulannya, kita harus membuat tugas Spider menjadi lebih mudah, dengan demikian mereka akan lebih gampang mengidentifikasi tentang apa yang Anda tulis, menganalisa, dan akhirnya menjajikan konten blog Anda di halaman hasil pencarian.

Baiklah sejauh ini saya telah membahas optimasi blog ON Page yang merupakan dasar-dasar SEO untuk blog yang wajib dikembangkan jika ingin blog Anda terlihat di hasil pencarian Google.

OPTIMASI SEO OFF-PAGE

Ingat OPTIMASI Off-page mengacu pada semua faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi posisi artikel Anda.

Backlink

Merupakan tautan dari luar yang merujuk ke nama domain blog Anda, bergantung kepada banyaknya, seberapa berkualias dan relevansi konteksnya antara link dari luar yang merujuk ke blog Anda.

Ketika seseorang membuat tautan dari luar (dari blog lain) merujuk ke artikel Anda, sebenarnya mereka telah membuat backlink yang menguntungkan Anda, karena semakin banyak orang mengutip artikel Anda di blog mereka maka lebih banyak kesempatan spider untuk mempertimbangkan konten Anda sebagai relevan dan itu akan membawa pengaruh besar pada posisi peringkat blog di hasil pencarian.

Lihat juga Cara Melihat Backlink Situs Ala Google

Anda akan menemukan banyak sekali tawaran "backlink" untuk dibeli, namun ini sangat tidak dianjurkan. Strategi jitu memperoleh "backlink" adalah dengan membuat link timbal balik secara alami, bekerja sama degan rekan-rekan lain dan membuat mereka berbagi link Anda di artikel mereka dan kemudian Anda berbagi situs mereka atau salah satu dari pos mereka. Dengan cara ini, Anda membuat komunitas sendiri tetapi juga membuat "rantai lalu-lintas" saling menguntungkan kedua belah pihak

Opsi lain untuk optimasi Off-Page blog adalah melalui "Guess Blogging". Anda dapat berpartisipasi dalam blog orang lain dan, selama itu sesuai dan relevan. Sebagai Guess Blogging Anda dapat menambahkan blog Anda (melalui tautan) atau artikel yang akan mendongkrak lalu lintas  ke artkel Anda. Dengan cara itu, Anda sendirilah pembuat backlink.

Metode lain dapat Anda lihat di Media Promosi Blog Gratis

Share Artikel Ke Media Sosial

Tidak hanya akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda, tetapi spider juga mencari berapa banyak artikel Anda telah dibagikan orang lain, yang memiliki banyak komentar dan/atau telah dibicarakan di berbagai jaringan sosial. Ini adalah faktor penting untuk mempengaruhi posisi artikel Anda dalam daftar hasil mesin pencari.

Cara paling baik untuk mengumumkan konten atau layanan baru adalah melalui artikel pada blog, agar basis pengunjung Anda tahu bahwa Anda telah menambahkan sesuatu yang baru. Webmaster lain yang mengikuti situs atau umpan RSS Anda juga dapat mempelajarinya.

Berusaha mempromosikan perusahaan atau situs Anda secara offline juga menjanjikan. Misalnya, jika memiliki situs bisnis, pastikan URL tercantum dalam kartu nama, kop surat, poster, dll. Anda juga dapat mengirimkan laporan berkala kepada para klien melalui surat agar mereka mengetahui konten pada situs web perusahaan.

Kesimpulan

Sampai disini Anda telah mempelajari hal-hal paling mendasar tentang SEO Untuk Blog yang dapat diterapkan dalam blog Anda.

Harapan saya  Anda dapat mengambil manfaat dalam artikel ini, dan jika menemukan hal-hal penting yang tidak tercantum dalam artikel ini atau jika Anda menemukan masalah dalam menerapkan panduan Belajar SEO Untuk Blog ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar sehingga saya dapat menambahkannya.

Tombol Pilihan Warna Untuk Pencarian Gambar Google

SEO Blog ~ Google telah melakukan beberapa kali uji coba terhadap fitur baru tombol pilihan warna (Colorized Filter Buttons) pada halaman hasil pencarian gambar. Selama masa uji coba tombol pilihan warna ini pernah terlihat beberapa kali di halaman hasil pencarian gambar Google.

Namun kini fitur baru ini benar-benar telah resmi diluncurkan. Fitur baru ini tersedia dalam dua versi Desktop dan Perangkat Mobile.

Berikut penampakan icon tombol tersebut, terlihat di halaman hasil pencarian gambar Google.

Tombol Pilihan Warna Untuk Pencarian Gambar Google
Cars

Tombol Pilihan Warna Untuk Pencarian Gambar Google
Flowers

Tombol Pilihan Warna Untuk Pencarian Gambar Google
Flowers

Tombol Pilihan Warna Untuk Pencarian Gambar Google
Flowers


Src: seroundtable.com

Lihat juga
Google Split Bagian Halaman Situs Anda Yang Terlihat Di Hasil Pencarian

Cara Pasang Iklan Di Blog Agar Loading Bertambah Cepat Hingga 80 Persen

Mempercepat Loading Iklan Adsense Hingga 80 Persen
SEO Blog ~ Tidak dapat dipungkiri Google Adsense merupakan salah satu afiliasi iklan paling populer untuk menghasilkan uang dengan iklan di blog. Google Adsense sudah dikenal luas sebagai salah satu cara meraih uang di internet. Adsense membolehkan kita memasang 3 unit banner, dan 2 unit search box untuk menampilkan iklan di blog. Masalahnya jika memasang iklan di blog  sebanyak tiga unit sekaligus plus 1 unit link dan 1 buah search box ke dalam template blogspot, ini akan berakibat kepada menurunnya kecepatan loading blog.

Sebaliknya jika memasang iklan di blog hanya satu atau dua unit banner saja akibatnya penghasilan dari adsense menurun, lalu bagaimana caranya agar loading template blogspot tetap cepat tanpa harus mengurangi jumlah banner iklan di blog? Mungkin Anda pernah melihat beberapa blog yang memasang banner adsense 4 bahkan sampai dengan 5 banner sekaligus, namun loadingnya tetap cepat? Apa rahasianya?

Sebelum saya mengungkapkan trik ini sebaiknya dipahami dulu cara iklan di blog dimuat ke halaman. Ketika sebuah iklan adsense dimuat ke halaman, maka ada sebuah file javascript yang merupakan bagian dari iklan juga ikut dimuat. Itu artinya jika Anda memasang 3 buah iklan ke dalam template blogspot sekaligus, maka 3 buah file javascript tadi juga ikut dimuat. Sebagai catatan semakin banyak file javascript yang dipasang maka semakin banyak waktu loading yang dibutuhkan. Hasilnya blog yang memiliki banyak unit iklan loadingnya menjadi lambat.

Google telah memperkenalkan cara pasang iklan dengan metode asyncrhonous untuk mempercepat loading iklan adsense. Namun tetap saja memasang iklan lebih dari satu unit akan berakibat kepada menurunnya kecepatan loading blog.

Namun saya punya solusi bagaimana cara pasang iklan di blog agar loading lebih cepat walau dengan memasang iklan hingga beberapa unit iklan sekaligus. Trik ini akan mempercepat loading blog hingga 80 persen lebih.

Sebelumnya mari kita lihat contoh script banner iklan adsense bawaan Google berikut:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!—Ad Title -->
<ins class="adsbygoogle"
style="display:inline-block;width:300px;height:250px"
data-ad-client="ca-pub-XXXXXXXXXXXXXXXX"
data-ad-slot="XXXXXXXXXX"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Anda mungkin melihat sebuah file javascript yang diload menggunakan metode asynchronous pada bagian atas script iklan adsense di atas. Dan file ini akan dimuat setiap setelah template blogspot dimuat. Dan jika memasang 3 unit iklan di blog sekaligus dalam sekali load maka 3 file tersebut juga akan ikut dimuat.

Sebenarnya file javascript tersebut cukup dipasang 1 kali saja untuk memuat unit-unit iklan adsense lain. Jadi jika memasang 4 unit iklan adsense dalam template blogspot, Anda cukup memanggil file javascript adsense tersebut 1 kali dengan metode asynchronous.   Hasilnya adalah 1 buah file javascript untuk 4 unit iklan adsense.

Jadi cara mempercepat loading dengan beberapa unit iklan di blog langkah pertama adalah menghapus seluruh kode berikut dari template blogspot Anda.
<script async='' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>

Kemudian ikuti langkah-langkah berikut untuk meletakkan file javasctip ke dalam template blogspot Anda.
1. Log in ke akun Blogger Anda kemudian buka Dasboard Blogger
2. Kini klik Template > Edit HTML
3. Tekan Ctrl+F untuk mencari kode </head>
4. Paste kode berikut di atas </head>
<script async='' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>
5. Klik Save Template untuk menyimpan perubahan

Kini cek loading template blogspot Anda. Saya yakin loadingnya akan bertambah cepat ketimbang sebelumnya.

Satu pertanyaan mungkin muncul dalam benak Anda, memindahkan semua file javascript iklan adsense dengan hanya meninggalkan 1 buah file javascript apakah akan berakibat pada earning adsense? Jangan-jangan nanti yang dihitung malah satu unit iklan adsense.
Jawabannya tidak. Anda tidak usah khawatir, saya memasang iklan di blog ini hanya menggunakan 1 buah file javascript untuk 5 unit iklan adsense. Namun semuanya tetap terhitung. Selamat mencoba.

Lihat juga
Memasang Iklan Mengambang Di Sisi Kiri Atau Kanan Blog

4 Hal Mengapa Blog Harus Dibackup

Alasan dan Cara Backup Blog Dengan Mudah
SEO Blog ~ Yang dimaksud dengan backup blog adalah membuat data cadangan blog dan menyimpannya di tempat lain dengan aman di mana data hasil backup tersebut dapat direstore kembali apa bila suatu saat dibutuhkan. Pertanyaannya mengapa dan bagaimana cara backup blog dengan mudah?

Seiring berjalannya waktu,  aktivitas blogging (walau tidak dapat dikatakan kompleks) hari demi hari akan membuat blog berkembang sedemikian rupa. Kita tidak memiliki jaminan apapun tentang penyimpanan data online secara permanen. Jadi tanpa melakukan backup artinya Anda telah mengambil resiko kehilangan data secara tidak terduga.

Adapun beberapa kejadian penyebab blog terhapus dan hilang tanpa bisa direstore kembali dijelaskan berikut ini.

Google Penalty

Sebelumnya Google menghukum sebuah blog dengan mendegradasi peringkat halaman atau menghapusnya dari halaman hasil pencarian. Tapi kini Google menghapus blog tanpa peringatan terlebih dahulu sebagai bentuk hukuman kepada pemiliknya. Umumnya dilakukan pada aktivitas spam, praktek Black Hat SEO atau menyalin konten dari Blog lain. Jadi backup data blog segera agar waktu yang telah dihabiskan untuk membangun blog tersebut serta jerih payah Anda tidak sia-sia.

Serangan Hacker

Aktivas hacking oleh Hacker selalu aktif mengintip kelemahan blog Anda dan akan menyerang begitu mereka punya peluang. Sebagian besar blog dengan peringkat lebih tinggi disebabkan aktivitas hacking oleh Hacker, oleh sebab itulah blog harus dibackup.

Server Crash

Jika menggunakan hosting berbayar jangan pernah berfikir bahwa data blog Anda aman. Karena crash pada server dapat terjadi kapan saja dan Anda akan kehilangan semua data-data sekaligus. Ada beberapa server web hosting menyediakan layanan hosting gratis namun tidak menyediakan layanan backup data. Oleh karena itu backup data blog adalah langkah paling bijak.

Serangan Virus dan Malware

Serangan virus dan malware sangat berbahaya bagi blog karena Google akan menghapus blog yang terindikasi terkena serangan Malware. Biasanya terjadi pada saat menginstall kode baru atau script ke dalam blog misalnya script tambahan seperti script Random Post dan lain sebagainya. Sebagai contoh jika blog terinfeksi malware maka itu artinya Anda sedang menghadapi masalah besar. Kalaupun menghapus script tambahan sebagai penyebab, dan berhasil menghapus malware dari blog biasanya blog terlanjur terinfeksi kode-kode tertentu dan biasanya terinfeksi pula oleh program afiliasi iklan yang terhubung dengan server-server afiliasi iklan lainnya. Bila hal ini terjadi dapat dipastikan Google akan menghapus blog tersebut. Jadi backup blog Anda segera.

Cara Backup Blogspot

Kita dapat melakukan backup data-data blog dengan dua cara mudah dan sederhana.

Backup Blog dengan Tool Blog

1. Login ke akun Blogger dan buka Dashboard Blogger
2. Klik Setting lalu klik other Tab
3. Klik pada Export Blog selanjutnya file XML Blog akan disimpan

Alasan dan Cara Backup Blog

Backup Blog Melalui Google Takeout Service

Google telah memperkenalkan layanan Google Takeout  dimana kita dapat membuat backup untuk blog dengan mudah. Untuk membuat backup blog dengan Google Takeout lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka http://google.com/takeout dan log in dengan menggunakan akun Google Anda.
2. Kini klik Choose Services pada bagian atas.
3. Di bawah Select a Service pilih Blogger
4. Kini klik button Create Archieve

Alasan dan Cara Backup Blog Dengan Mudah


Dengan layanan Google Takeout Anda dapat dengan mudah memilah data-data blog ke dalam beberapa bagian, misalnya blog, gambar, Google Plus, You Tube dan masih banyak lagi.

Semoga dengan artikel ini dapat membantu membackup data-data blog yang memungkinkan untuk direstore kembali bila kelak dibutuhkan. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk memberi feed back dalam kolom komentar di bawah.

Jangan lupa lihat juga
Download Gambar Gratis Untuk Blog